Breaking News
Loading...
Thursday 28 February 2013

Lubuklinggau waspadai makanan mengandung formalin

Lubuklinggau (Antara Sumsel) - Pemkot Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan memperketat pengawasan dan mewaspadai pembuat serta penjual makanan dan minuman agar tidak ada lagi yang menggunakan formalin, atau bahan berbahaya bagi kesehatan.

"Pengetatan pengawasan ini dilakukan setelah diketemukan tahu mengandung formalin yang dijual pedagang di dua pasar tradisional beberapa pekan lalu," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Lubuklinggau Surya Dharma, Selasa.

Dari pemeriksaan oleh petugas terhadap 20 macam contoh terdapat satu jenis tahu yang positif mengandung formalin.

"Sampel yang mengandung bahan berbahaya itu sudah kami kirim ke labrotorium BPOM Sumsel di Palembang," katanya.

Temuan tahu mengandung formalin tersebut merupakan bagian dari pengawasan terhadap Pasar Inpres dan Pasar Bukit Sulap sehingga peredaran makanan dan minuman yang pembuatannya menggunakan bahan berbahaya dapat ditangkal.

Dia pengusaha makanan dan minuman tidak menggunakan bahan berbahaya bagi kesehatan karena dapat dikenai sanksi hukum.

Untuk sementara, pedagang yang kedapatan memasarkan makanan dan minuman mengandung bahan berbahaya akan diberi sanksi teguran dan pembinaan, sedangkan produsennya akan dikenai peringatan serta diharuskan membuat perjanjian tertulis untuk tidak mengulanginya dan bila kedapatan lagi akan dikenai sanksi hukum.

Untuk mencegah penggunaan bahan-bahan berbahaya dalam proses produksi makanan dan minuman UKM, pihaknya pada 2012 sudah memberangkatkan produsen dan pedagang tahu serta mi basah ke Kota Bogor, guna mempelajari proses produksi  berbahan baku alami sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.

Program serupa juga akan dilakukan pada pertengahan 2013 dengan jumlah peserta 30 orang. Mereka diharapkan kelak dapat menyebarkan informasi penggunaan bahan-bahan alami untuk pengawet dalam pembuatan makanan dan minumanu.(ANT)

SUMBER ARTIKEL: antarasumsel.com - Editor: Parni

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer