Breaking News
Loading...
Saturday 6 September 2014

BPOM Temukan Sosis Dijual Di Sekolah Mengandung Formalin

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupa­ten Kotawaringin Timur (Kotim) akan memperketat pengawasan dan pemantauan terhadap pedagang jajanan di sekolah, menyusul ditemukannya bahan formalin pada sampel jajanan oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya.

Pada Rabu (27/8), BPOM menggelar uji laboratorium keliling dan mengumpulkan sampel jajanan anak sekolah pada tujuh SD di Sampit. Hasilnya, ditemukan satu sampel jajanan jenis sosis mengandung formalin.

“Dari pengambilan sampel jajanan sekolah khususnya di sekolah SD di Sampit, ditemukan ada yang positif pakai formalin, tapi jajanan ini dijual di luar pagar sekolah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim Faisal Novendra Cah­yanto, Kamis (28/8).

Namun, Faisal enggan menyebutkan di lingkungan sekolah mana ditemukan ada jajanan yang mengandung formalin itu.

Dengan ditemukannya zat berbahaya tersebut, pihaknya akan turun langsung untuk memberikan pembinaan terhadap penjual makanan yang menggunakan bahan berbahaya tersebut.

Untuk diketahui, temuan jajanan yang mengandung zat berbahaya di sekitar sekolah di Sampit bukan kali pertama oleh BPOM Palangkaraya. Pada 2013 juga, ada ditemukan zat se­perti itu yang dijual di sekitar lingkungan sekolah SD kota tersebut.

Faisal mengingatkan, formalin merupakan bahan pengawet yang dalam kadar tinggi bisa menga­kibatkan kerusakan organ­ manusia. Hanya saja, sanksi bagi pengusaha tidak tegas.

Dia mengakui, apabila pengusaha jajanan menggunakan formalin yang berasal bahan baku jajanan, maka pelaku akan diperingatkan agar tidak lagi memakai bahan baku tersebut. Namun jika pengu­saha memang sengaja mencampurkan formalin dengan tujuan agar jualannya lebih tahan lama, maka pengusaha itu akan diberi pembinaan.

Faisal mengimbau agar orang tua murid agar memberikan bekal makanan kepada anak-anaknya dari rumah agar menjamin makanan yang higienis.

Adapun pedagang yang jajanannya ditemukan mengandung formalin langsung dilarang berjualan di sekolah. Makanan mengandung formalin sangat berbahaya bagi kesehatan. (FI/B-5, Sumber: www.borneonews.co.id)

Semua informasi terbaru tentang produk Easy Test dapat anda lihat di, WEBSITE EASY TEST atau di BLOG TEST KIT SHOP

Informasi dan Pemesanan:
Email ke easy4test@yahoo.com / easy4test@gmail.com atau hubungi 085310135381, 085779721597, 087889441075.

Note:
ET Group memproduksi beberapa test kit analisis mutu pangan bermerk Easy Test dengan jenis varian antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dan macam-macam test kit lainnya.

EASY TEST KIT WEB SUPPORT - BAHASA INDONESIA: Easy Test Support, Penawaran Jual, Katalog Produk, ENGLISH LANGUAGE: Easy Test Support, Selling Offers, Products Catalog.

WEB SUPPORT RESMI CV. ET GROUP: CV. ET GROUP Business, Test Kit Shop, dan Easy Test Kit Info.
bahan berbahaya, bahan tambahan pangan, berita bahan berbahaya, berita kami, boraks, easy test info, formalin, methanil yellow, rhodamine b, test kit, tips cerdas

1 komentar:

  1. Makanan yang dimasak dengan alat masak modern tidak menjamin kesehatan dari makanan, sebaiknya periksa tanggal expirednya juga untuk keamanan.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer