Breaking News
Loading...
Wednesday 19 November 2014

Pasar Tradisional di Pekanbaru Jual Makanan Mengandung Borak dan Formalin

PEKANBARU (Lipo)- Makanan mengandung zat kimia berbahaya seperti borak dan formalin masih beredar di Pasar Pagi Arengka dan Pasar Lima Puluh Pekanbaru.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang melakukan pemeriksaan menemukannya pada bakso, mie kuning, kulit lumpia, cincau dan sejumlah panganan ringan lainnya.

"Tadi, ada 25 makanan yang dijadikan sampelnya di dua pasar. Setelah diuji labor, ada makanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut," jelas Kepala BPOM Pekanbaru Indra Ginting, yang langsung turun ke dua pasar tersebut, Kamis (13/11).

Menurut Indra, makanan yang mengandung borak dan formalin sangat berbahaya untuk dikosumsi. Selanjutnya, pedagang di dua pasar tersebut dilarang untuk memperjualbelikannya.

"Tindakan selanjutnya, BPOM akan berusaha berkoordinasi dengan kepolisian untuk menelusuri dari mana pedagang mendapatkan bahan kimia tersebut. Kita akan memutus mata rantai peredarannya," tegas Indra.

Pedagang, sebut Indra, memang tidak ditindak. Pihaknya hanya melakukan pembinaan. Sebab, operasi yang dilakukannya merupakan pengawasan dan pembinaan, bukan penindakan.

"Kalau kami turun lagi dan masih menemukannya, barulah akan ditindak. Kalau sekarang masih pembinaan," ucap Indra.

Selain turun ke pasar, BPOM dan Tim Terpadu Pengawasan Barang (TTPB) dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koordinator Ekonomi, Kementerian Pertanian dan Kementerian ESDM, juga menyita puluhan minuman dan makanan ilegal.

"Ada makanan merek Apollo dan Kratindaeng yang sudah disita. Sejauh ini sudah ada dua truk yang disita dan sudah dikoordinasikan dengan Polda Riau untuk diselidiki," ucap Indra.

Indra menjelaskan, beredarnya makanan yang mengandung zar kimia berbahaya dan ilegal sangat merugikan konsumen. Kesehatan masyarakat bisa terancam jika mengkonsumsinya. (Lipo/Ms) Sumber artikel: Gunakan link ini.

We are provides a reagent (chemical solution) or test kit for rapid analysis of certain materials including Formalin Test Kit, Methanil Yellow Test Kit, Borax (Boraks) Test Kit, Rhodamine B Test Kit, and many others kind of food security test kit. Our product merck is "Easy Test Kit" and we have produce and distribute this products in 2009 and there is many customers have been used our products. More info and order contact please call us at +6285310135381 or +6285779721597 or email at easy4test@gmail.com or easy4test@yahoo.com. A lot of information about Easy Test Kit Product can you read detail at Easy Test Kit Website OR Test Kit Shop and a lot of information on the use of hazardous banned additives in Indonesia can read details on THIS LINK.


Tag: info kemanan pangan, bahan tambahan berbahaya, bahan tambahan pangan, info bahan berbahaya, pangan berbahaya, formalin, boraks, methanil yellow, rhodamine b, test kit

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer