Breaking News
Loading...
Tuesday 18 November 2014

Tahu BerFormalin

Beberapa tahun lalu tahu formalin memang jadi topik pembicaraan yang hot dikalangan emak-emak. Tapi tahu gak sih, sekarang pun tahu formalin masih aja berkeliaran di sekeliling kita (halah, hehehe...). Meski udah gak jadi perbincangan lagi bukan berarti tahu formalin ini gak ada di pasaran. Justru mereka tetap eksis. Nyebelin yah? Padahal tahu itu enak tapi kenapa dikasih formalin segala kan kasian.

Saya juga gak ngerti kenapa pedagang bisa pake formalin buat ngawetin tahu. Emank gak ada pengawet lain yah? Menurut saya sih yang tahunya diformalinin pasti pedagang tahu yang kurang laku. Kalau laku ngapain juga dikasih kayak gitu.

Tadi pagi ibu saya goreng tahu. Tapi anehnya ada bau yang mengganggu di hidung. Baunya agak pedas dan ada bau lainnya yang saya bingung jelasinnya. Langsung deh ibu saya nyeletuk, "Ini tahu pake formalin. Baunya kayak gini." Bukan karena penggorengannya bekas goreng cabe. Beda deh bau pedesnya cabe sama tahu formalin ini.

Langsung deh dibuang semua sama ibu. Memang sih dari kemarin-kemarin ibu saya ragu-ragu mau makan tahu itu. Soalnya pas dicuci ternyata keset banget. Padahal udah dua hari ditaroh di kulkas. Mulai deh curiga. Salah satu ciri-ciri tahu berformalin adalah permukaan tahunya itu keset. Gak berlendir blas. Padahal kalau tahu asli seenggaknya ada lendirnya sedikit. Bukan karena basi loh tapi kayak licin-licin gemana gitu, hehe.

Yang aneh dari tahu itu juga teksturnya agak padat dibanting gak ancur #hebatbanget. Beda dengan tahu langganan ibu saya di pasar. Teksturnya lembek dan gampang ancur. Boro-boro dibanting, kadang kalau lagi dicuci gak pakai kasih sayang aja bisa ancur.

Mungkin ibu saya saat itu memang sedang gak fokus. Jadi salah beli tahu. Maklum tahu berformalin dari luar kelihatan sama saja dengan tahu non formalin. Cuma ya itu kalau udah dimasak ketahuan. Memang kalau udah ketemu langganan tahu yang bagus mending gak nyoba-nyoba yang lain. Tapi masalahnya kalau yang jualan gak ada mau gak mau beli ke yang lain.

Beginilah jadinya kalau para pedagang gak punya etika berdagang. Jadilah segala macam cara dihalalkan. Jadi pembeli memang harus jeli. Kalau enggak kita bisa rugi sendiri. Waspadalah karena tahu formalin mungkin ada di sekitar pasar kalian. (Sumber artikel gunakan link ini)

We are provides a reagent (chemical solution) or test kit for rapid analysis of certain materials including Formalin Test Kit, Methanil Yellow Test Kit, Borax (Boraks) Test Kit, Rhodamine B Test Kit, and many others kind of food security test kit. Our product merck is "Easy Test Kit" and we have produce and distribute this products in 2009 and there is many customers have been used our products. More info and order contact please call us at +6285310135381 or +6285779721597 or email at easy4test@gmail.com or easy4test@yahoo.com. A lot of information about Easy Test Kit Product can you read detail at Easy Test Kit Website OR Test Kit Shop and a lot of information on the use of hazardous banned additives in Indonesia can read details on THIS LINK.


Tag: info kemanan pangan, bahan tambahan berbahaya, bahan tambahan pangan, info bahan berbahaya, pangan berbahaya, formalin, boraks, methanil yellow, rhodamine b, test kit

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer